Cara Membuat WAV dari MP3 pada WINAMP

Informasi ini diperoleh dari Steven Andy Pascal.

Winamp mempunyai fitur untuk mengubah-ubah format audio, termasuk mengubah MP3 menjadi WAV. Mungkin anda bertanya, buat apa MP3 dijadikan WAV ? Buat keperluan editing, kadang kala kita membutuhkan file WAV. Jika anda membutuhkannya, berikut cara untuk membuatnya dengan sedikit konfigurasi.




























Keperluan KONFIGURASI :

  1. Jalankan Winamp dan keluarkan "Winamp Preferences" dengan menekan tombol [Ctrl] + [P] di keyboard.
  2. Klik [Plug-ins] + [Output] di menu bagian kiri, maka akan tampil beberapa plugin yang sudah terbandel didalam Winamp. Ada 2 plugin yang akan kita gunakan, yaitu WaveOut Output atau Nullsoft WaveOut Output dan Nullsoft Disk Writer plugin.
  3. Pilihlah [WaveOut Output] dan klik tombol [Configure]. Setelah kotak "WaveOut Setting" tampil, pilih peranti yang akan digunakan di "Device" lalu beri tanda centang pada [Alt]. Aktifkan "method (slow)" agar saat proses konversi berlangsung suara dapat didengarkan. Simpan pengaturan dan tutup boks ini dengan mengklik tombol [Ok]
  4. Selanjutnya kita tentukan lokasi penyimpanan file hasil konversi. Klik [Nullsoft Disk Writer] dan klik kembali tombol [Configure]. Pilih lokasi penyimpanan dengan cara mengklik tombol [Output Directory]. Aktifkan [Kill null samples at the beginning] agar suara kosong diawal tidak disertakan. Simpan pengaturan dan tutup boks ini dengan mengklik tombol [Ok].
  5. Konfigurasi selesai. Jendela "Winamp Preferences" dapat ditutup [Close].

Keperluan KONVERSI :
  1. Masukkan semua file MP3 yang formatnya ingin diubah ke dalam playlist Winamp. Klik tombol [Play] untuk memutar lagu sekaligus memulai proses konversi.
  2. Setelah seluruh file selesai dimainkan, bukalah jendela Windows Explorer. Periksalah hasilnya pada folder yang telah anda tentukan untuk penyimpanan file tersebut.
Selamat mencoba.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...