Tips Posting yang Disukai Pengunjung Blog

Tulisan ini mungkin sudah dan sering diungkapkan oleh para jagoan blogger dan bukan suatu rahasia lagi. Tapi, demi menambah ilmu dalam bidang blogging, tidak ada salahnya disampaikan lagi tentang Tips Posting yang Disukai Pengunjung Blog.

Berikut ini tips agar tulisan/posting mendapat tanggapan positif dari pembaca dan membuat mereka betah berlama-lama di halaman blog anda :



1. Headline atau Tulisan Pembuka

Menurut pengamatan yang dilakukan oleh Komputekonline, headline atau tulisan pembuka sebuah posting sangat penting yaitu menarik perhatian pengunjung ke blog anda. Biasanya pembaca tidak butuh waktu lama, sekitar 6 detik, untuk memperhatikan headline posting. Jika headline menarik, pasti secara otomatis ia meneruskan untuk membaca sisa posting tersebut. Namun, jika headline tersebut kurang menarik, maka ia akan segera mencari judul posting yang lain atau malah meninggalkan blog anda.


2. Hindari Iklan Berlebihan

Tidak sedikit blog bersifat komersial atau paling tidak menawarkan penjualan yang berlebihan pada tampilannya, sementara di sisi lain pengunjung blog lebih membutuhkan informasi. Memang tidak salah menampilkan iklan namun harus diatur dengan baik atau tidak berlebihan.
Dengan menyediakan lebih banyak konten yang mendidik dan menarik, pengunjung akan lebih banyak menghabiskan waktunya di blog anda. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di blog anda, mereka akan suka meng-klik bagian-bagian lain dari blog yang akan memberikan pendapatan bagi anda, daripada anda membuat artikel/tulisan/postingan yang hanya berisi penjualan dimana banyak orang tidak suka, kecuali blog atau website anda memang ditujukan untuk berjualan barang tertentu.


3. Tulislah dengan Bahasa Sederhana

Jangan hanya ingin mengesankan bahwa anda adalah seorang yang pintar, lalu membuat posting dengan gaya bahasa yang sulit dimengerti orang awam. Lebih baik menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.
Jangan berpikiran bahwa para pembaca anda kurang pintar, tetapi gunakanlah kata-kata atau bahasa sederhana yang bertujuan untuk mendapatkan potensi pengunjung yang lebih banyak.


4. Anggap Anda sebagai User

Coba anda renungkan sendiri. Apa yang membuat anda bisa betah pada sebuah blog ? Headline atau topik apa yang bisa melenakan mata anda sehingga tetap membaca hingga selesai ? Anggap saja anda sebagai user, coba analisis aktivitas internet anda untuk mendapatkan ide membuat konten yang menarik pengguna internet lain. Cara ini mirip dengan Market Research yang tidak mengeluarkan sepeser pun uang anda.


5. Posting Topik Populer

Menulis topik yang sesuai dengan kesukaan anda tentu ide yang bagus, namun harus digabung dengan topik-topik populer. Jika anda ingin mendapatkan trafik, maka anda juga harus memberikan kepuasan kepada pembaca blog anda.


6. To The Point

Usahakan dalam menulis blog langsung pada permasalahannya atau To The Point. Jangan bertele-tele. Usahakan posting blog tak lebih dari 1.500 kata.
Maka mulailah belajar untuk memilih kata-kata yang tepat dan buat artikel yang singkat, padat, dan mudah dimengerti pembaca.

Semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...